Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Ketemu lagi dengan saya, Salinan S.Pd calon guru penggerak angkatan 8 dari SMP Negeri Satu Atap Rimbakarya Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan aksi nyata modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak, sesuai
hasil refleksi model 4P pada koneksi antar materi.
|
Aksi Nyata Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak |
Pengembangan diri yang sederhana konkrit dan rutin serta dapat dilakukan sendiri dari sekarang. Yang pertama saya akan menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid dengan menuntun kodrat murid
baik kodrat alam maupun kodrat zaman. Sehingga dapat terwujud pelajar profil Pancasila.
Adapun caranya, saya akan selalu melaksanakan pembelajaran diferensiasi, menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan aman untuk murid, memperhatikan kebutuhan belajar murid sesuai dengan minat dan bakat mereka. Serta pembelajaran yang memihak pada murid tentunya selalu berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran. Hal ini untuk mengwujudkan murid yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia.
Serta dengan cara menuntun berkolaborasi Dalam proses pembelajaran, Mandiri dalam mengambil sikap, dan yang terakhir saya akan selalu menuntun untuk berdiskusi dan berpresentasi untuk menciptakan murid yang kreatif dan kritis.
Yang kedua saya terus mengembangkan diri dan konsisten mengimplementasi nilai dan peran guru penggerak dalam menjalankan tugas sebagai guru. Dengan cara saya akan selalu aktif mengikuti pengembangan profesi, seperti mengikuti seminar, webinar, pelatihan dan workshop yang diadakan oleh dinas pendidikan maupun oleh pihak lain pemangku kepentingan pendidikan. Kemudian saya juga akan aktif untuk menciptakan karya inovasi, seperti membuat video pembelajaran di
channel YouTube inankitodan selalu aktif untuk menulis Karya di
blog Inan Kito dan mempublikasi karya berupa buku.
Kemudian saya juga akan berkolaborasi dengan rekan sejawat, kepala sekolah, orang tua dan masyarakat sekitarnya. Saya akan terus melakukan refleksi Sesiap proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan baik refleksi sendiri maupun berefleksi dengan rekan sejawat dan yang terakhir saya akan terus aktif di komunitas belajar baik MGMP IPA SMP SR 03 maupun MGMP IPA Kabupaten Bandung Barat.
Perasaan saya saat melaksanakan aksi nyata modul 1.2 Saya merasakan tertantang dan termotivasi untuk melakukan perubahan pendidikan Indonesia ke arah lebih baik mulai dari lingkungan kecil dengan menerapkan nilai dan peran guru penggerak.
Ide atau gagasan yang timbul saat saya melaksanakan aksi nyata modul 1.2 yaitu saya akan melaksanakan praktek baik untuk menciptakan siswa yang berkolaborasi dengan rekan sejawat, kepala sekolah, orang tua dan masyarakat sekitar.
Pembelajaran yang dapat saya ambil saat melaksanakan aksi nyata modul 1.2 yaitu saya sebagai guru harus memberikan pendidikan yang berpihak pada murid dengan cara selalu menuntun dan memberikan teladan yang baik sehingga guru harus terus Mandiri, inovatif, dan reflektif untuk menjadi Insan pembelajaran dengan cara berkolaborasi dengan berbagai pihak pemmangku kepentingan pendidikan baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan luar sekolah.
Perubahan positif yang saya rasakan saat melaksanakan aksi nyata modul 1.2 saya lebih termotivasi dan bersemangat untuk terus meningkatkan kompetensi profesionalisme menjadi guru dan pembelajaran yang dirasakan Siswa lebih menyenangkan.
Itulah tulisan aksi nyata kali ini tentang nilai dan peran guru penggerak salam dan bahagia guru penggerak. Salam guru penggerak tergerak. Bergerak, Tergerak dan Menggerakkan
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
=================================
Tonton Video Aksi Nyatanya di sini