Learning Manajemen Sistem (LMS) guru pembelajaran moda daring merupakan sistem yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran bagi peserta guru pembelajaran moda daring (dalam jaringan). Dalam LMS guru pembelajaran moda daring terdapat beberapa ikon fitur yang harus diketahui oleh peserta pelatihan guru pembelajaran moda daring.
|
Fitur (Learning Manajemen Sistem) Guru Pembelajaran Sumber: scren shoot dr https://paspor.gurupembelajar.id |
Fitur LMS Guru Pembelajaran yang harus diketahui peserta Guru Pembelajaran Moda daring berikut adalah fitur beserta ikon yang terdapat dalam LMS:
1. Lesson
Lesson merupakan suatu fasilitas yang digunakan untuk menyampaikan konten dan atau variasi kegiatan pembelajaran pada guru pembelajaran moda daring. Lesson pada kegiatan duru pembelajar moda daring ini diberi nama "Kegiatan" dilanjutkan dengan nomor dari sesi dan urutan kegiatannya ( contoh "kegiatan 1.2, artinya sesi 1 Lesson ke-2). Dalam lesson berisi tentang materi pembelajaran yang terdiri dari teks dan gambar. Lesson juga berisi quis atau pertanyaan-pertanyaan yang bersifat untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan pemahaman peserta pada topik pembelajaran tertentu.
2. Page
page merupakan fasilitas yang terdapat pada guru pembelajar Moda daring yang isinya ini berupa laman web yang dapat menyajikan teks, gambar, suara, video, atau tautan web. Pada GP daring, page digunakan untuk menampilkan petunjuk atau pengantar pada setiap sesi. Pengantar sesi berisi aktivitas dan alur kegiatan sesi yang akan dilakukan peserta selama sesi tersebut.
3. Book
Book merupakan suatu fasilitas yang terdapat pada GP Moada daring yang isinya berupa kegiatan melakukan penelaah bahan bacaan atau instruksi. Book pada kegiatan guru pembelajaran moda daring diberi nama "bahan bacaan atau intruksi" dalam bahan bacaan berisi tentang materi pembelajaran yang terdiri dari teks dan gambar. Sedangkan pada instruksi berisi petunjuk untuk melaksanakan kegiatan.
4. Blog
Pada setiap sesi peserta guru pembelajar moda daring diharuskan untuk melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah dilaluinya melalui blog. Pengampu dan mentor dapat melihat blog peserta untuk mengetahui pemikiran, refleksi, dan pengalaman peserta pada sesi tersebut.
5. Forum
Forum merupakan aktifitas inti dalam sebuah sesi. forum disediakan untuk melakukan diskusi antar peserta bahkan dengan mentor dan pengampu sebagai fasilitatornya. Di dalam forum peserta bahkan dapat menjawab pertanyaan, mengumkapkan pendapat, dan berbagi pengalaman dengan peserta lain sehingga terbentuk sebuah pemahaman. Dalam kegiatan Guru Pembelajar ini terdapat dua macam forum yang dapat digunakan yaitu:
- Forum umum, digunakan untuk melakukan diskusi mengenai teknis dan akademis umum pada kursus yang sedang tampil.
- Forum sesi, dgunakan untuk melakukan diskusi mengenai topik yang diberikan pada setiap sesinya.
6. Chatting
Aktivitas lainnya dalam Guru Pembelajaran Moda Daring adalah chatting. Chatting berfungsi sebagai ajang komunikasi langsung antara sesama peserta guru pembelajaran dengan mentor dan pengampu.
7. Wb Conference/vikon
Pada Guru pembelajar Moda daring terdapat aktivitas untuk melakukan vikon/web Conference. Web Conference digunakan untuk komunikasi antar pengampu dengan kepala sekolah dan kepala sekolah lainnya dalam bentuk audio video melalui fasilta website
8. Messages
Dalam kegiatan guru pembelajar moda daring, messages (pesan) ini merupakan sebuah fasilitas untuk melakukan pengiriman pesan pribadi terhadap peserta lain, mentor ataupun pengampu
9. Quiz
Fitur ini dapat memuat banyak pertanyaan/pernyataan untuk mengukur kemampuan peserta. Pada GP daring, fitur ini dimanfaatkan sebagai penilaian secara formatif dan sumatif. Qiiz ini digunakan pada penilaian sumatif setiap sesi dan sumatif akhir. Pembelajaran berupa tes akhir. Tes sumatif dan tes akhir dilakukan sejumlah 2 kali tes
10. Questionnaire
Fitur ini dapat memuat berbagai jenis pertanyaan / pernyataan untuk memperoleh data dari peserta, dan biasannya dimanfaatkan sebagai alat survey. Pada Gurru pembelajar moda daring, Questionnaire digunkan sebagai alat untuk mengetahui reaksi peserta terhadap pembelajaran dan pelatihan, salah satu contohnya adalah evaluasi pelatihan yang digunkan untuk mengukur kebermanfaatan pembelajaran.
11. E-portofolio
Pada moda darng, e-portofolio digunkan untuk menyimpan / mengunggah file tagihan peserta untuk dapat diperiksa, dikomentari dan diberi umpan balik. fitur ini juga digunkan oleh mentor untuk memeriksa kelengkapan dan kualitas tagihan setiap peserta.